Tips Mudik Praktis dan Aman Dengan Kereta Api

Lebaran merupakan momen dimana seluruh anggota keluarga bisa berkumpul dan saling bersilaturahmi satu sama lain. Oleh karena itu momen satu tahun sekali ini sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang berada di perantauan untuk mudik ke kampung halaman. Berbagai cara dilakukan untuk mudik salah satunya dengan menaiki kereta api. Akan tetapi menjelang lebaran biasanya PT KAI api kualahan melayani para calon penumpang namun kini telah hadir layanan tiket kereta api online.

Seperti yang telah diketahui bahwa menjelang lebaran atau musim mudik, stasiun kereta api akan dipadati calon penumpang dari berbagai wilayah. Jika Anda telah membeli tiket kereta api secara online Anda hanya tinggal mencetak tiket di stasiun. Dibutuhkan persiapan yang matang mulai dari fisik dan barang-barang yang akan dibawa selama mudik. Agar perjalanan mudik Anda menggunakan kereta api semakin praktis dan aman maka ada beberapa tips yang bisa Anda coba. Berikut ini akan dijelaskan tips mudik praktis dan aman dengan kereta api.

  1. Segeralah untuk print atau cetak tiket kereta api online yang telah Anda beli ketika Anda telah memperoleh nomor booking tiket kereta api online. Hal ini berkaitan dengan banyaknya penumpang menjelang mudik lebaran yang ingin mencetak tiket kereta api online untuk mudik. Selain dipenuhi oleh calon penumpang, Anda juga harus rela berjejalan dengan penumpang lainnya untuk print tiket di stasiun. Oleh karena itu sangat disarankan untuk segera print tiket ketika Anda telah memperoleh nomor booking dari jual tiket kereta.
  2. Bawalah barang secukupnya karena PT KAI biasanya memberikan batasan barang yang harus dibawa oleh penumpang. Berat barang yang harus dibawa oleh penumpang maksimal 20 kg. Barang bawaan yang berlebihan akan mempersulit penumpang untuk naik dan turun kereta. Oleh karena itu jika penumpang terpaksa harus membawa barang dengan berat lebih dari 20 kg maka akan dikenakan biaya tambahan dari pihak PT KAI.
  3. Jangan Berlebihan menggunakan perhiasan atau barang-barang berharga lainnya. Pada saat musim mudik biasanya penumpang menjadi kurang fokus pada barang-barang yang mereka bawa. Hal ini memicu tindak kriminal di stasiun kereta. Untuk mencegah terjadinya pencopetan dan penjambretan penumpang sebaiknya tidak menggunakan perhiasan secara berlebihan serta lebih teliti dalam menjaga barang bawaanya.
  4. Datanglah sesuai jadwal tiket kereta api online sesuai dengan yang telah Anda pilih pada saat membeli tiket kereta api online. Hindari datang jauh lebih awal karena hal ini dapat memicu terjadinya penumpukan penumpang di stasiun.

Untuk memberikan kenyamanan pada para penumpang, PT KAI juga membuat kebijakan yaitu satu tiket kereta untuk 1 penumpang. Hal membuat semua penumpang yang telah membeli tiket bisa memperoleh tempat duduk. Berbeda dengan dahulu penumpang bahkan berdiri dan tidak memperoleh tempat duduk sehingga membuat perjalanan tidak nyaman. Oleh karena itu biasanya kini digunakan nomor identitas atau KTP bagi calon penumpang yang akan membeli tiket kereta api online.

Itulah informasi mengenai tips mudik praktis dan aman dengan kereta api. Selain mencoba tips di atas, pastikan Anda segera memesan tiket kereta api online yang resmi agar Anda bisa menikmati perjalanan mudik secara aman dan nyaman.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*