Tempat Wisata Edukasi Hutan Mangrove

Wisata di akhir pekan tidak melulu harus ke pantai. Kita bisa mencoba wisata akhir pekan yang berbeda dengan mengunjungi hutan mangrove. Adanya hutan mangrove kini tak lagi sekedar sebagai penjaga wilayah pesisir pantai dari bahaya abrasi. Hutan-hutan mangrove juga telah dimanfaatkan sebagai sarana edukasi serta tentunya rekreasi. Terutama di Jawa Tengah, ada beberapa hutan mangrove yang banyak dikunjungi wisawatan. Pertama ada tempat wisata hutan mangrove di Kebumen. Kita cukup membayar Rp5.000 saja untuk dapat masuk ke kawasan ini. Lokasinya ada di jalur Pantai Ayah, Argopeni, Kebumen. Kita juga dapat berkeliling kawasan hutan mangrove menggunakan perahu karena banyak tersedia penyewaan perahu.

Hutan mangrove lain yang dapat dikunjungi serta merupakan tempat wisata adalah Wisata Hutan Mangrove Rembang. Kawasan ini terkena pula dengan sebutan JM atau Jembatan Merah. Sesuai namanya, di objek wisata yang terletak di Pasarbanggi, Kecamatan Rembang ini terdapat jembatan yang berwarna merah. Pemandangan hutan mangrove sangat cantik dan terdapat jembatan papan warna merah sehingga cocok apabila kita gemar berfoto. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, kita cukup membayar Rp2.000 saja. Tentunya biaya ini terbilang sangat murah untuk menikmati wisata edukasi yang menyegarkan mata. Apalagi kita sekaligus dapat mengambil foto dengan latar jembatan merah yang ada.

Terakhir, ada Mangrove Park di Pekalongan sebagai tempat wisata hutan mangrove lainnya. Kota yang ada di sebelah barat Semarang ini tak hanya terkenal akan kain batiknya saja. Terdapat pula wisata alam berupa hutan mangrove yang terbilang cantik. Lokasi tepatnya ada di Kandang Panjang, Pekalongan Utara. Waktu terbaik untuk datang kemari adalah pada sore hari. Suasananya sejuk dan kita akan dapat dengan leluasa menyaksikan pemandangan matahari terbenam dari menara pandang. Apalagi jika kita datang kemari bersama pasangan, maka dapat memasuki lorong cinta. Lorong ini sendiri terbentuk dari deretan mangrove yang cukup rindang. Kita dapat menaiki perahu yang biaya sewanya hanya Rp15.000 saja. Sangat murah meriah untuk wisata edukatif dan rekreatif.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*