Merk Laptop Terbaik dan Cara Memilih Jika Ingin Membeli dalam Kondisi Bekas

Image result for Merk Laptop Terbaik dan Cara Memilih Jika Ingin Membeli dalam Kondisi Bekas'Merk Laptop Terbaik dan Cara Memilih Jika Ingin Membeli dalam Kondisi Bekas

Di jaman yang semakin maju ini membuat pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih mudah lewat adanya aplikasi yang ada di komputer. Ada jenis komputer pribadi dan ada komputer jinjing atau yang lebih dikenal dengan laptop. Peralatan elektronik yang sudah banyak dan bisa ditemukan di toko online ini bisa dipilih dari merk laptop terbaik sebelum Anda membelinya. Selain melihat mengenai merk dari komputer jinjing tersebut, ada hal lainnya yang harus diperhatikan.

Pertama adalah kebutuhan Anda, apakah Anda akan menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari misalnya untuk memasukkan data laba rugi, untuk programming, untuk gaming atau untuk multimedia. Hal tersebut disebabkan karena masing-masing laptop memiliki spesifikasi yang berbeda yang menyesuaikan fungsinya. Misalnya laptop untuk gaming memiliki spesifikasi yang tinggi seperti di bagian RAM jika dibandingkan dengan laptop yang akan dipergunakan untuk pekerjaan biasa. Karena hal tersebut lihat dan bandingkan dengan teliti spesifikasi dan fitur dari laptop tersebut apakah sesuai dengan yang Anda butuhkan atau belum.

Kedua adalah kondisi fisiknya apalagi jika Anda hendak membeli laptop second. Walaupun memiliki merk terbaik untuk jenis laptop tertentu yang menang akan ketahanan motherboardnya atau karena hal yang lainnya, namun jika fisik dari laptop tersebut tidak bagus, kemungkinan besarnya performa laptop juga tidak bisa maksimal seperti saat Anda membeli laptop dalam kondisi baru.

Kondisi yang harus diperhatikan saat membeli laptop bekas walaupun dari merk laptop terbaik , yaitu:

  • Casing yang merupakan bagian terluar dari laptop tersebut. Cek apakah ada kerusakan misalnya pecah atau retak di bagian tertentu dan apakah ada debu dan kotoran atau tidak. Jika ada bagian yang retak berarti laptop tersebut pernah terjatuh dan bisa saja hal tersebut mempengaruhi kerja dari komponen laptop.
  • Layar. Cek apakah layar dalam kondisi yang mulus, ada yang bergores, atau yang lainnya. Jangan lupa untuk menyalakan untuk mengetahui laptop tersebut masih dalam kondisi yang baik atau tidak, misalnya apakah ada garis atau titik atau bahkan blue screen pada laptop tersebut.
  • Keyboard. Cek apakah semua tombol masih bisa berfungsi dengan baik atau tidak dengan cara menekan tombol-tombol pada keyboard.
  • Touchpad apakah masih sensitif atau bahkan sudah tidak berfungsi sama sekali.
  • Baterai apakah masih bisa berjalan dengan baik atau tidak.
  • Apakah laptop memiliki spesifikasi yang bisa digunakan sebagai laptop untuk gaming

Ketiga adalah garansi. Cek dan tanyakan apakah ada garansi yang masih berlaku. Jika Anda membeli laptop yang kondisinya masih baru, bisa ditanyakan apakah garansi tersebut adalah garansi resmi atau garansi toko. Sedangkan jika Anda hendak membeli yang komputer second, tanyakan apakah garansi dari laptop tersebut masih ada atau tidak. Jika tidak ada garansi resmi, sedangkan Anda membelinya di toko, coba minta garansi tokonya sehingga saat nanti setelah Anda menggunakan laptop tersebut dan mengalami beberapa kerusakan, Anda bisa menggunakan garansi tersebut ke penjualnya.

Keempat adalah harga dan layanan purna jual. Ketika Anda memilih komputer jinjing berdasarkan pada merk laptop terbaik saat itu, pertimbangkan juga mengenai harganya dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Karena semakin bagus kualitasnya, harga laptop juga akan lebih mahal. Selain itu, pertimbangkan mengenai layanan purna jualnya. Tanyakan ke toko tersebut apakah ada service center resmi dari merk laptop tersebut sehingga nantinya ketika ada masalah pada laptop Anda, Anda bisa segera memperbaiki laptop tersebut.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*