Jenis Investasi yang Bisa Dicoba Selagi Masih Mahasiswa  

Mungkin hanya sedikit orang yang berpikir untuk mulai berinvestasi di usia muda, terutama ketika masih menjadi mahasiswa. . Kebanyakan mahasiswa hanya fokus untuk mengerjakan tugas kuliah, atau mengikuti organisasi dan menjalani segala kegiatan kampus. Namun sebenarnya, ada hal lain di luar aktivitas kampus yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa, dan bisa memberikan keuntungan jangka panjang, yaitu berinvestasi.

Agar masa muda lebih bermanfaat, jangan pernah ragu untuk mencoba berinvestasi sejak usia muda bahkan kini bukan hal yang mustahil untuk berinvestasi sejak masih berstatus mahasiswa. Ada banyak jenis investasi yang bisa dicoba tanpa harus menunggu wisuda, mendapat kerja, lalu memiliki gaji sendiri. Meski hanya mengandalkan uang saku, kamu juga bisa kok mulai berinvestasi.

Namun sebelum memulai, tentukan dulu tujuan dari investasimu. Misalnya untuk tujuan jangka panjang seperti beli rumah atau biaya menikah, atau tujuan jangka pendek seperti membangun bisnis. Jika investasimu untuk jangka pendek, maka pilih instrumen investasi yang relatif stabil seperti logam mulia, atau reksadana pasar uang dan pendapatan tetap. Sedangkan untuk jangka panjang, kamu bisa pilih investasi dalam bentuk saham atau properti.

Nah, ada beberapa jenis investasi tersebut tentunya membutuhkan modal yang berbeda-beda. Bagi kamu para mahasiswa, ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu coba dengan dana terbatas. Tak usah terlalu lama berpikir. Yang jelas sesuaikan jenis investasi untuk kebutuhan masing-masing.

Menabung Emas

Investasi paling konvensional namun masih sangat relevan hingga saat ini adalah dengan berinvestasi pada logam mulia atau emas. Emas dianggap investasi yang cukup aman dan minim risiko dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Kelebihan berinvestasi pada logam mulia karena harganya yang cederung stabil. Meskipun mungkin keuntungan yang didapatkan tidak terlalu besar. Terlebih lagi dengan menabung emas, kelebihan lainnya adalah mudah untuk dicairkan dan bisa dilakukan kapan saja.

Jadi, tak ada salahnya sebagai permulaan berinvestasi dengan modal terbatas memulai dari menabung emas. Apalagi saat ini sudah banyak juga tersedia tabungan emas mulai dari 0.01 gram dengan harga yang sangat terjangkau tak lebih dari 10 ribu rupiah. Kamu bisa menetapkan target harian, mingguan, bulanan atau bahkan tahunan menabung emas. Misalnya kamu bisa menargetkan 10 gram sampai dengan 25 gram pertahun.

Deposito

Produk simpanan bank ini termasuk produk yang paling aman buat kamu yang tidak terlalu ingin ambil risiko terlalu besar. Sebanding dengan yang ditawarkan, uang kamu akan aman disimpan di dalam deposito.

Namun, kamu harus bersabar karena deposito tidak bersifat fleksibel seperti logam mulia yang bisa dicairkan dan dijual kapan saja. Deposito baru dapat dicairkan sesuai dengan akad waktu yang dipilih. Kamu bisa mencobanya sebagai langkah awal dengan periode pendek terlebih dahulu misalnya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan bahkan sampai dengan 1 tahun.

Reksa Dana

Investasi ini menjadi investasi yang mulai tren saat ini. Karena investasi reksa dana sangat cocok untuk pemula seusia mahasiswa karena tidak membutuhkan dana yang banyak untuk mulai berinvestasi melalui reksa dana.

Hanya dengan modal antara Rp 50 ribu sampai dengan Rp 100 ribu saja, kamu sudah bisa membuka akun reksa dana. Saat ini bahkan kamu bisa langsung berinvestasi reksa dana dengan mudah melalui beberapa marketplace yang sudah memiliki fitur investasi reksa dana.

Investasi reksa dana termasuk salah satu investasi minim risiko. Cukup ideal untuk anak muda yang masih harus belajar di bangku kuliah. Keuntungan lain, kamu akan dibantu oleh Manajer Investasi untuk mengelola keuangan kamu. Dengan memilih manajer investasi yang tepat, nantinya kamu bisa diarahkan untuk mulai belajar investasi saham.

Saham

Investasi saham termasuk investasi jangka pendek yang bisa dilakukan dalam jangka waktu kurang dari 3 tahun saja. Investasi ini tergolong cukup berisiko namun menjanjikan keuntungan yang lebih tinggi.

Bahkan ada kisah sukses seorang petugas keamanan yang berhasil berinvestasi saham sembari bekerja. Dari hasilnya tersebut ia sampai bisa membiayai kuliah adiknya sendiri dari investasi saham. Tapi, butuh kejelian, naluri, dan pengalaman yang cukup. Itulah sebabnya masa muda menjadi masa yang paling tepat untuk belajar berinvestasi saham.

Investasi saham kini semakin terjangkau, bisa dimulai dengan dana Rp 500 ribu sampai dengan Rp 1 juta. Kuncinya adalah mempelajari pasar saham serta berbagi pengalaman dari orang-orang yang sudah makan asam garam dalam investasi saham.

Buka Toko Online

Membuka toko online kini semakin mudah dengan hadirnya sosial media seperti Instagram. Hanya butuh keahlian copywriting dan digital marketing, kamu sudah bisa berjualan melalui Instagram. Namun demikian prosesnya mungkin memang akan sangat panjang.

Investasi di bidang riil ini justru sangat menantang. Kamu bisa belajar langsung bagaimana cara mengatur keuangan, mengatur rencana bisnis sampai mengatur cash flow bulanan. Nantinya pengalaman ini tentu saja akan menjadi bekal berharga terjun ke dunia kerja setelah lulus bangku kuliah.

Agar tidak tercampur antara urusan bisnis dan pribadi, saatnya kamu belajar untuk memisahkan rekening termasuk memisahkan handphone pribadi dengan handphone untuk kepentingan toko online. Kamu bisa memulai dengan menggunakan handphone murah.

Soal dana tak usah khawatir karena kamu bisa memanfaatkan kredit hp murah dari Kredivo. Jika kamu sudah berusia 18 tahun, memiliki penghasilan minimal 3 juta rupiah tiap bulan dan tinggal di Jabodetabek, Surabaya, Medan, Kota Bandung, Semarang, Palembang, atau Denpasar, kamu dapat mengajukan kredit hp murah melalui Kredivo.

Kredivo sudah bekerja sama dengan lebih dari 150 e-commerce merchant seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, dan JD.id. Jika kamu menggunakan Kredivo sebagai metode pembayaran, kamu tidak akan dikenakan uang muka, tidak dikenakan bunga sama sekali jika memilih opsi bayar tunai dalam 30 hari, dan hanya dikenakan bunga rendah sebesar 2,95% jika memilih opsi cicilan tenor 3, 6, atau 12 bulan. Pilihan untuk belanja handphone impianmu semakin banyak dan nyaman.

Setelah akun Kredivo kamu disteujui, kamu bisa langsung kredit hp murah di e-commerce merchant rekanan Kredivo sesai preferensimu. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa mencari informasinya di halaman berikut ini.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*