Ciri-Ciri Batik Tulis Untuk Kemeja Batik

Batik Tulis adalah salah satu proses dari pembatikan. Proses pada batik tulis ialah menggunakan tangan. Jenis batik ini biasanya juga termasuk batik yang dibandrol dengan harga mahal. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang lebih rumit. Hasil pembatikan yang berasal dari tangan kebanyakan lebih diminati karena hasilnya yang original dan juga tidak ada tiruannya. Harga dari batik tulis biasanya relatif lebih mahal, ha ini karena hasil tangan sendiri dan juga proses pembuatannya yang membutuhkan waktu relatif lebih lama. Kain batik tulis dapat dijadikan sebagai kemeja batik yang sering kita jumpai dipasaran dengan berbagai motif yang unik.

Kemeja batik zaman sekarang banyak yang meminati tidak hanya dari kalangan dewasa tetapi juga kalangan muda. Seiring perkembangan zaman model kemeja batik juga tidak ketinggalan. Banyak model kemeja batik yang membuat anak muda tetap saja tampil dengan percaya diri. Jenis batik tulis juga sangat digemari dikalangan anak muda.

Ciri-Ciri Batik Tulis yang Biasa Digunakan sebagai Kemeja Batik:

  • Batik tulis yang biasa digunakan sebagai kemeja batik dikerjakan dengan menggunakan canting, yaitu alat yang terbuat dari tembaga yang dibentuk bisa menampung lilin batik dengan memiliki ujung berupa saluran kecil untuk keluarnya lilin batik dalam membentuk gambar awal pada permukaan kain.
  • Bentuk desain pada batik tulis yang digunakan untuk kemeja batik tidak ada pengulangan yang jelas, sehingga gambar nampak bisa lebih luwes dengan ukuran garis motif yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan batik cap.
  • Gambar batik tulis bisa dilihat pada kedua sisi kain nampak lebih rata (tembus bolak-balik) khusus bagi batik tulis yang halus.
  • Warna dasar kain kemeja batik biasanya lebih muda dibandingkan dengan warna pada goresan motif.
  • Setiap potongan gambar (ragam hias) yang diulang pada lembar kain biasanya tidak akan pernah sama bentuk dan ukurannya. Berbeda dengan batik cap yang kemungkinannya bisa sama persis antara gambar yang satu dengan gambar lainnya.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan batik tulis relatif lebih lama dibandingkan dengan pembuatan batik cap. Pengerjaan batik tulis yang halus bisa memakan waktu 3 hingga 6 bulan lamanya.
  • Harga jual batik tulis relatif lebih mahal, dikarenakan dari sisi kualitas yang lebih bagus, mewah dan unik.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*